Senin, 22 Juni 2015

Tradisi Buber Sana Buber Sini

Ramadhan identik dengan acara buka puasa bersama. Di keluarga, di pertemanan, di keorganisasian dan di lingkungan dimana kita berada pasti akan sibuk merencanakan buka bersama. Entah itu dalam anggota dengan jumlah yang banyak ataupun hanya berdua saja dengan sahabat atau dengan ehm teman dekat mungkin (?). Dengan dalih ingin memperat tali persaudaraan ataupun menyambung tali silaturahmi atau bahkan sembari menyelam minum air alias sembari buka bersama bisa sekalian reunian. 

Begitulah buka puasa bersama. Bahkan dalam satu hari kita bisa saja mendapat undangan untuk buka bersama di dua tempat sekaligus atau bahkan tiga tempat sekaligus. Iuran buber ini itu yang tanpa disadari menguras banyak sekali isi kantong. Kalau tidak berangkat dengan dalih tidak punya uang pasti akan dibilang "sekali-sekali kan jarang ketemu" yaa kurang lebih seperti itu. Tempat yang mewah atau tempat yang sederhana sebenarnya tidak menjadi masalah (iya, seharusnya) istilah jawanyanya "mangan ra mangan sek penting kumpul" artinya "makan nggak makan yang penting kumpul".

Buber dengan teman-teman memang sangat menyenangkan. Melepas rasa rindu akibat jarang bertemu juga mampu tersalurkan. Tapi... tahun ini rasanya berat sekali aku untuk bisa turut buber dengan teman-teman. Rasanya cuma ingin buka puasa di rumah bersama keluarga. Rasanya juga tidak mau jauh-jauh dengan mereka. Entah kenapa. 

Tapi, anak muda zaman sekarang rasanya kalau belum buber di luar belum afdol gitu lho. Kalau buber di luar kemungkinan kecil kita dapat ikut jamaah sholat taraweh di masjid, padahal kan bulan suci Ramadhan merupakan bulan dimana kita harus lebih giat dalam beribadah. Ya oke aku memang tidak setiap hari bisa ikut jamaah sholat taraweh di masjid, tapi toh aku selalu mengusahakannya. 

Buber sana buber sini. Merencanakannya memang sulit. Menentukan tempat dan waktu memang sulit. Mengumpulkan semua teman untuk turut serta memang sulit. Menyatukan banyak pendapat memang sulit. Tapi, jarang sering-sering aja ngadain buber karena keluarga kita butuh sosok hangat kita teman :) Jangan lupakan mereka.

xoxo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar